Sejarah Obyek Wisata Candi Prambanan Yogyakarta

Sponsored Links

Sejarah Obyek Wisata Candi Prambanan Yogyakarta | Candi prambanan atau sering juga disebut candi rara jonggrang merupakan candi hindu terbesar di dunia sekaligus candi terindah. Candi ini dibangun untuk persembahan kepada triwurti, yaitu tiga dewa utama di agama hindu. Ketiga dewa tersebut yaitu dewa brahma yang dipercaya sebagai dewa pencipta, dewa wisnu yaitu dewa pemelihara, dan dewa siwa yang merupakan dewa pemusnah.

candi prambanan

Nama asli dari komplek candi ini adalah siwagrha yang diambil dari bahasa sansekerta yang mengandung ari rumah siwa. Hal tersebut juga tertulis dalam sebuah prasasti yang bernama prasasti siwagrha. Hal tersebut semakin diperkuat dengan adanya arca dewa siwa setinggi 3 meter di sebuah ruang utama candi. terdapat sebuah cerita yang cukup terkenal di kawasan candi tersebut, yaitu pada zaman dahulu tedapat sebuah putri bernama rara jonggrang yang dilamar oleh seseorang bernama bandung bondowoso namun rara jonggrang tidak mencintainya dan meminta syarat dibuatkan seribu candi dalam waktu satu malam sebagai syarat untuk menikahinya. Bandung bondowoso hampir menyelesaikannya sebelum rara jonggrang meminta seluruh wanita untuk membunyikan lesung padi sehingga bandung bondowoso tidak dapat menyelesaikannya. Bandung bondowoso kala itu baru menyelesaikan 999 candi dan karena marahnya, bandung bondowoso pun mengutuk rara jonggrang untuk dijadikan candi ke seribu.

Candi prambanan mempunyai 3 buah candi utama yaitu candi brahmana, candi wisnu, dan candi siwa. Candi siwa merupakan candi yang paling besar di kawasan ini dan terletak di bagian tengah. Di candi ini terdapat sebuah ruangan utama yang berisi patung siwa, selain ruangan utama, di candi tersebut juga terdapat tiga buah ruangan yang masing-masing berisi arca duga yaitu istri siwa yang diduga merupakan sosok rara jonggrang, arca agastya yang merupakan guru siwa, dan arca ganesha yang merupakan putra siwa.

Di candi wisnu dan brahma, hanya terdapat sebuah ruangan yang berisi arca dewa wisnu dan juga dewa brahma. Selain tiga candi tersebut, di komplek candi prambanan juga terdapat 18 candi, dahulu ditempat ini terdapat 240 candi. demikian informasi mengenai Sejarah Obyek Wisata Candi Prambanan Yogyakarta semoga bermanfaat untuk anda,  dan  anda juga bisa melihat Obyek Wisata Dieng

Sponsored Links

Leave a Reply




Incoming visitor:

  • pemandangan borobudur
  • pemandangan candi prambanan
  • sejarah candi prambanan yogyakarta